Contoh Makalah Public Relation Officer | Makalah Publik Relation | ILMU KOMUNIKASI



PROGRAM PERENCANAAN DAN PENANGANAN PERMASALAHAN DI PERUSAHAAN WHIMSEYARTWORK


Dosen Pengampu :
Dewi Quraisyin, S.Pdi., M.Si
 Allyvia Camelia, S.I.Kom., M.I.Kom.



Oleh :
Da’watul Hasanah (150531100056)



PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU BUDAYA
UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA
2016

KATA PENGANTAR

Alhamdulillah, dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah Swt, karena rahmat dan petunjuk-Nya kami mampu menyusun makalah sederhana ini guna memenuhi Ujian Akhir Semester Genap mata kuliah Public Relation yang kami beri judul Program perencanaan dan penanganan permasalahan di perusahaan Whimseyartwork.
Ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kami sampaikan kepada para dosen pengajar. Demikian pula kepada pemilih perusahaan yang secara langsung ataupun tidak langsung dapat membantu selama proses penyelesaian makalah ini.
Kritik dan saran senantiasa kami harapkan dari semua pihak yang memiliki kepedulian, terutama para pembaca yang budiman demi penyempurnaan makalah ini di kemudian hari.
Mudah-mudahan makalah ini dapat memberikan sumbangan pikiran dalam menyelesaikan masalah berkaitan dengan pemasaran yang ada di perusahaan-perusahaan yang sejenis dengan Whimseyartwork.
Akhirnya, kepada Allah Swt kami sernantiasa memohon petunjuk dan pertolongan-Nya.



Bangkalan, 24 juni 2016      

Penyusun                 



LATAR BELAKANG
Whimseyartwork yaitu sebuah perusahaan yang bergerak di bidang Garment and screenprinting. Whimsey sendiri diambil dari kata yunani kuno dan bahasa inggris lama yang berarti impian dan fantasi. Seperti dalam perusahaan-perusahaan pada umumnya tentunya whimseyartwork ini juga memiliki suatu masalah yang dapat menghambat proses berjalannya suatu perusahaan. Permasalahan yang terjadi disini bermacam-macam pula, mulai dari yang terjadi dalam internal dan eksternal. Internal disini meliputi hal-hal yang berkaitan dengan hal apapun yang ada di dalam perusahaan, seperti para pegawai, alat-alat bekerja, pemegang saham dan masih banyak lagi. Sedangkan eksternal disini meliputi masyarakat, keadaan lingkungan, dan lain sebagainya.
Sebagai Public Relation Officer di perusahaan tersebut saat mendapati suatu permasalahan tentu saja kami akan memberikan sebuah program dan perencanaan yang ditujukan kepada perusahaan agar permasalahan dalam perusahaan itu dapat terselesaikan. Karena pada dasarnya tujuan dari seorang Public Relation adalah menciptakan, meningkatkan, memperbaiki, dan mempertahankan citra dari perusahaan dimana ia bergerak didalamnya. Oleh karena itu disini sebagai Public Relation (Humas) dalam perusahaan tersebut akan membuat program perencanaan dan penanganan permasalahan yang terjadi, baik itu secara eksternal maupun internal demi terciptanya citra yang lebih baik lagi bagi pihak perusahaan dan kepada masyarakat sekitar juga.

RUMUSAN MASALAH
1.      Bagaimana proses operasional PR dalam perusahaan itu bekerja?
2.      Bagaimana Manajemen Krisis yang terjadi?
3.      Bagaimana program Coorporate Social Responsibility (CSR) yang direncanakan?

TUJUAN MAKALAH
1.      Untuk menciptakan, meningkatkan, memperbaiki, dan mempertahankan citra perusahaan
2.      Untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi didalam perusahaan
3.      Untuk memberikan program tanggung jawab terhadap sosial dan lingkungan di sekitar perusahaan

PEMBAHASAN
A.    Proses Operasional Public Relation
Proses operasional disini sepenuhnya mengacu kepada pendekatan manajerial. Proses perencanaan ini dilakukan melalui 4 tahapan, diantaranya :
1.      Fact Finding
Mendefinisikan permasalahan yang dilakukan melalui penelitian dengan menganalisa situasi berupa pemahaman, opini, sikap, dan perilaku public terhadap lembaga.
Dalam perusahaan yang saat ini kami teliti, terdapat beberapa permasalahan yang di hadapi dalam perusahaan Whimseyartwork, diantaranya:
·         SDM dari Whimseyartwork ini masih minim,  karyawan yang di miliki Whimseyartwork hanya 4 orang.
·         Whimseyartwork masih bermasalah dengan keuntungan yang tidak pasti dalam tiap bulannya.
·         Whimseyartwork juga masih mengandalkan alat-alat yang sangat minim dan masih manual.
·         Kurangnya relasi ke perusahaan-perusahaan besar
2.      Planning
Pembuatan strategi perencanaan dan pengambilan keputusan untuk membut program kerja berdasarkan kebijakan lembaga yang juga disesuaikan dengan kepentingan public. Selanjutnya dilakukan pemikiran sebuah konsep pemecahan dari masalah tersebut, kemudian dibuat sebuah perencanaan matang mengenai langkah-langkah, perumusan tujuan, perincian waktu secara teratur dalam menyelesaikan permasalahan tersebut.
Melihat permasalah yang terjadi di perusahaan Whimseyartwork, kami berencana melakukan beberapa program perencanaan kerja yang sudah kami fikirkan secara matang mengenai pemecahan dari permasalahan yang terjadi, berikut merupakan program penyelesaian dari permasalahan yang telah dijabarkan dalam pencarian fakta dan permasalah yang ada.




Permasalahan
Penyelesaian
·         SDM dari Whimseyartwork ini masih minim.
·         Mulai perekrutan SDM
·         Whimseyartwork masih bermasalah dengan keuntungan yang tidak pasti dalam tiap bulannya.
·         Melakukan pemasaran dengan perusahaan ataupun lembaga agar mendapat proyek tetap yang dapat menguntungkan Whimseyartwork.
·         Whimseyartwork juga masih mengandalkan alat-alat yang sangat minim dan masih manual.
·         Whimseyartwork sudah mulai menyisihkan pendapatan untuk savety segala peralatan yang sekiranya dapat membantu dalam penyelesaian pekerjaan.
·         Kurangnya relasi ke perusahaan-perusahaan besar
·         Whimseyartwork akan melakukan teknik door to door ke perusahaan-perusahaan lain.

3.      Communication
Pada tahap ini, seorang Public Relations harus mengkomunikasikan pelaksanaan program kerja yang sudah direncanakan sehingga mampu mempengaruhi sikap publiknya yang mendorong mereka untuk mendukung pelaksanaan program kerja tersebut.
Agar dalam pelaksanaan program kerja yang sudah direncanakan dapat diperoleh hasil yang diharapkan dan dapat berjalan dengan baik, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu kredibilitas, keterkaitan, isi, kejelasan, keberlanjutan, dan konsistensasi, saluran atau media dan kemampuan khalayak. Hal-hal tersebutlah yang perlu diperhitungkan secara sungguh-sungguh agar kegiatan yang dilakukan dapat berhasil sesuai dengan harapan.
Untuk mengkomunikasikan kepada public, perusahaan akan membuat program tersendiri dengan melakukan pemasaran dengan cara memasang iklan atau promosi di media sosial. Karena saat ini perusahaan masih melakukan pemasaran dengan cara mulut ke mulut.

4.      Evaluation (Mengevaluasi)
Tahap ini dalam melakukan penilaian terhadap hasil-hasil pelaksanaan program dari perencaaan, pelaksanaan program, pengkomunikasian, sampai keberhasilan atau kegagalan yang terjadi dari program tersebut.
Pelaksanaan dari seluruh kegiatan humas harus dievaluasi atau dilakukan perbaikan-perbaikan agar permasalahan atau hambatan yang ada dalam perusahaan dapat diatasi dan dipecahkan serta menciptakan hubungan yang harmonis diantara public, suatu badan/ lembaga/ perusahaan.
Dalam tahap ke empat ini praktisi humas harus mempunyai keterampilan dalam menelaah hasil-hasil yang diperoleh dengan menggunakan berbagai  alat bantu, misalnya reset mengenai pendapat umum, reset mengenai perilaku, motivasi, analisis isi dan lain-lain.

B.     Manajemen krisis
Manajemen krisis disini mengacu pada beberapa masalah yang menyebabkan jalannya perusahaan dapat terhambat. Terdapat beberapa tahapan, diantaranya :
1.      Penyebab krisis
·         Manajemen
Pada dasarnya pasar tentu membutuhkan produk yang murah namun berkualitas dan nyaman di pakai. Meski ada beberapa bahan yang susah didapatkan oleh Whimseyartwork sendiri, kami tetap berusaha mengunggulkan bahan yang berkualitas bagus dan tetap  menyesuaikan dengan kantong mahasiswa namun tetap nyaman saat digunakan.
·         Teknologi
Walau masih menggunakan alat-alat sablon yang manual Whimseyartwork tetap mempertahankan kualitas. Dengan  menerima pesanan sesuai keinginan customer yang sesuai dengan arti dari nama Whimsey yang berarti Impian dan Fantasi, selain itu Whimseyartwork juga menawarkan harga terjangkauan, dan bahan dijamin nyaman dan berkualitas.





Tag : PENDIDIKAN
1 Komentar untuk "Contoh Makalah Public Relation Officer | Makalah Publik Relation | ILMU KOMUNIKASI"

public relation memang selalu dibutuhkan dalam setiap organisasi. nice blog. it help me a lot

Back To Top