PROGRAM PERENCANAAN DAN PENANGANAN PERMASALAHAN DI
PERUSAHAAN WHIMSEYARTWORK
Dosen Pengampu :
Dewi Quraisyin, S.Pdi., M.Si
Allyvia
Camelia, S.I.Kom., M.I.Kom.
Oleh :
Da’watul Hasanah (150531100056)
PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU BUDAYA
UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA
2016
KATA
PENGANTAR
Alhamdulillah,
dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah Swt, karena rahmat dan
petunjuk-Nya kami mampu menyusun makalah sederhana ini guna memenuhi Ujian
Akhir Semester Genap mata kuliah Public Relation yang kami beri judul Program perencanaan dan penanganan permasalahan di
perusahaan Whimseyartwork.
Ucapan
terima kasih dan penghargaan yang tinggi kami sampaikan kepada para dosen pengajar.
Demikian pula kepada pemilih perusahaan yang secara langsung ataupun tidak
langsung dapat membantu selama proses penyelesaian makalah ini.
Kritik
dan saran senantiasa kami harapkan dari semua pihak yang memiliki kepedulian,
terutama para pembaca yang budiman demi penyempurnaan makalah ini di kemudian
hari.
Mudah-mudahan
makalah ini dapat memberikan sumbangan pikiran dalam menyelesaikan masalah
berkaitan dengan pemasaran yang ada di perusahaan-perusahaan yang sejenis
dengan Whimseyartwork.
Akhirnya,
kepada Allah Swt kami sernantiasa memohon petunjuk dan pertolongan-Nya.
Bangkalan, 24 juni 2016
Penyusun
LATAR BELAKANG
Whimseyartwork
yaitu sebuah perusahaan yang bergerak di bidang Garment and screenprinting.
Whimsey sendiri diambil dari kata yunani kuno dan bahasa inggris lama yang
berarti impian dan fantasi. Seperti dalam perusahaan-perusahaan pada umumnya
tentunya whimseyartwork ini juga memiliki suatu masalah yang dapat menghambat
proses berjalannya suatu perusahaan. Permasalahan yang terjadi disini
bermacam-macam pula, mulai dari yang terjadi dalam internal dan eksternal.
Internal disini meliputi hal-hal yang berkaitan dengan hal apapun yang ada di
dalam perusahaan, seperti para pegawai, alat-alat bekerja, pemegang saham dan
masih banyak lagi. Sedangkan eksternal disini meliputi masyarakat, keadaan
lingkungan, dan lain sebagainya.
Sebagai
Public Relation Officer di perusahaan tersebut saat mendapati suatu
permasalahan tentu saja kami akan memberikan sebuah program dan perencanaan
yang ditujukan kepada perusahaan agar permasalahan dalam perusahaan itu dapat
terselesaikan. Karena pada dasarnya tujuan dari seorang Public Relation adalah
menciptakan, meningkatkan, memperbaiki, dan mempertahankan citra dari
perusahaan dimana ia bergerak didalamnya. Oleh karena itu disini sebagai Public
Relation (Humas) dalam perusahaan tersebut akan membuat program perencanaan dan
penanganan permasalahan yang terjadi, baik itu secara eksternal maupun internal
demi terciptanya citra yang lebih baik lagi bagi pihak perusahaan dan kepada
masyarakat sekitar juga.
RUMUSAN MASALAH
1. Bagaimana
proses operasional PR dalam perusahaan itu bekerja?
2. Bagaimana
Manajemen Krisis yang terjadi?
3. Bagaimana
program Coorporate Social Responsibility (CSR) yang direncanakan?
TUJUAN MAKALAH
1. Untuk
menciptakan, meningkatkan, memperbaiki, dan mempertahankan citra perusahaan
2. Untuk
menyelesaikan permasalahan yang terjadi didalam perusahaan
3. Untuk
memberikan program tanggung jawab terhadap sosial dan lingkungan di sekitar
perusahaan
PEMBAHASAN
A.
Proses Operasional Public Relation
Proses
operasional disini sepenuhnya mengacu kepada pendekatan manajerial. Proses
perencanaan ini dilakukan melalui 4 tahapan, diantaranya :
1.
Fact Finding
Mendefinisikan
permasalahan yang dilakukan melalui penelitian dengan menganalisa situasi
berupa pemahaman, opini, sikap, dan perilaku public terhadap lembaga.
Dalam
perusahaan yang saat ini kami teliti, terdapat beberapa permasalahan yang di
hadapi dalam perusahaan Whimseyartwork, diantaranya:
·
SDM dari Whimseyartwork ini masih
minim, karyawan yang di miliki
Whimseyartwork hanya 4 orang.
·
Whimseyartwork masih bermasalah dengan
keuntungan yang tidak pasti dalam tiap bulannya.
·
Whimseyartwork juga masih mengandalkan
alat-alat yang sangat minim dan masih manual.
·
Kurangnya relasi ke
perusahaan-perusahaan besar
2.
Planning
Pembuatan
strategi perencanaan dan pengambilan keputusan untuk membut program kerja
berdasarkan kebijakan lembaga yang juga disesuaikan dengan kepentingan public.
Selanjutnya dilakukan pemikiran sebuah konsep pemecahan dari masalah tersebut,
kemudian dibuat sebuah perencanaan matang mengenai langkah-langkah, perumusan
tujuan, perincian waktu secara teratur dalam menyelesaikan permasalahan
tersebut.
Melihat
permasalah yang terjadi di perusahaan Whimseyartwork, kami berencana melakukan
beberapa program perencanaan kerja yang sudah kami fikirkan secara matang
mengenai pemecahan dari permasalahan yang terjadi, berikut merupakan program
penyelesaian dari permasalahan yang telah dijabarkan dalam pencarian fakta dan
permasalah yang ada.
Permasalahan
|
Penyelesaian
|
·
SDM dari Whimseyartwork ini masih
minim.
|
·
Mulai perekrutan SDM
|
·
Whimseyartwork masih bermasalah
dengan keuntungan yang tidak pasti dalam tiap bulannya.
|
·
Melakukan pemasaran dengan
perusahaan ataupun lembaga agar mendapat proyek tetap yang dapat
menguntungkan Whimseyartwork.
|
·
Whimseyartwork juga masih
mengandalkan alat-alat yang sangat minim dan masih manual.
|
·
Whimseyartwork sudah mulai
menyisihkan pendapatan untuk savety segala peralatan yang sekiranya dapat
membantu dalam penyelesaian pekerjaan.
|
·
Kurangnya relasi ke
perusahaan-perusahaan besar
|
·
Whimseyartwork akan melakukan
teknik door to door ke
perusahaan-perusahaan lain.
|
3.
Communication
Pada
tahap ini, seorang Public Relations harus mengkomunikasikan pelaksanaan program
kerja yang sudah direncanakan sehingga mampu mempengaruhi sikap publiknya yang
mendorong mereka untuk mendukung pelaksanaan program kerja tersebut.
Agar
dalam pelaksanaan program kerja yang sudah direncanakan dapat diperoleh hasil
yang diharapkan dan dapat berjalan dengan baik, maka ada beberapa hal yang
perlu diperhatikan yaitu kredibilitas, keterkaitan, isi, kejelasan,
keberlanjutan, dan konsistensasi, saluran atau media dan kemampuan khalayak.
Hal-hal tersebutlah yang perlu diperhitungkan secara sungguh-sungguh agar
kegiatan yang dilakukan dapat berhasil sesuai dengan harapan.
Untuk
mengkomunikasikan kepada public, perusahaan akan membuat program tersendiri dengan
melakukan pemasaran dengan cara memasang iklan atau promosi di media sosial. Karena saat ini
perusahaan masih melakukan pemasaran dengan cara mulut ke mulut.
4.
Evaluation (Mengevaluasi)
Tahap ini dalam melakukan
penilaian terhadap hasil-hasil pelaksanaan program dari perencaaan, pelaksanaan
program, pengkomunikasian, sampai keberhasilan atau kegagalan yang terjadi dari
program tersebut.
Pelaksanaan dari seluruh
kegiatan humas harus dievaluasi atau dilakukan perbaikan-perbaikan agar
permasalahan atau hambatan yang ada dalam perusahaan dapat diatasi dan
dipecahkan serta menciptakan hubungan yang harmonis diantara public, suatu
badan/ lembaga/ perusahaan.
Dalam tahap ke empat ini praktisi humas
harus mempunyai keterampilan dalam menelaah hasil-hasil yang diperoleh dengan
menggunakan berbagai alat bantu,
misalnya reset mengenai pendapat umum, reset mengenai perilaku, motivasi,
analisis isi dan lain-lain.
B. Manajemen krisis
Manajemen
krisis disini mengacu pada beberapa masalah yang menyebabkan jalannya
perusahaan dapat terhambat. Terdapat beberapa tahapan, diantaranya :
1.
Penyebab krisis
·
Manajemen
Pada dasarnya
pasar tentu membutuhkan produk yang murah namun berkualitas dan
nyaman di pakai. Meski ada beberapa bahan yang susah didapatkan oleh
Whimseyartwork sendiri, kami tetap berusaha mengunggulkan bahan yang berkualitas
bagus dan tetap menyesuaikan dengan
kantong mahasiswa namun tetap nyaman saat digunakan.
·
Teknologi
Walau masih menggunakan alat-alat sablon
yang manual Whimseyartwork tetap mempertahankan kualitas. Dengan menerima pesanan sesuai keinginan customer
yang sesuai dengan arti dari nama Whimsey yang berarti Impian dan Fantasi, selain
itu Whimseyartwork juga menawarkan harga terjangkauan, dan bahan dijamin nyaman
dan berkualitas.
Tag :
PENDIDIKAN
1 Komentar untuk "Contoh Makalah Public Relation Officer | Makalah Publik Relation | ILMU KOMUNIKASI"
public relation memang selalu dibutuhkan dalam setiap organisasi. nice blog. it help me a lot